Renovasi kolam renang – Jika berbicara mengenai sistem sirkulasi air dalam kolam renang, ada dua sistem sirkulasi yang bisa anda ketahui, yakni sistem sirkulasi skimmer dan overflow. Sistem inilah yang juga mempengaruhi kualitas air yang masuk dalam kolam renang anda. banyak yang mengatakan bahwa sistem sirkulasi air overflow lebih menghasilkan air yang bersih dan jernih dibandingkan dengan sistem sirkulasi skimmer. Hal tersebut salah satunya disebabkan pompa pada sistem overflow memang menghisap air lebih baik sehingga semua air bisa melalui proses filtrasi semuanya.

Renovasi Kolam Renang dengan Upgrade Sistem Sirkulasi

Cukup banyak pemilik kolam renang yang ingin upgrade sistem sirkulasi kolam renang mereka dari sistem skimmer ke overflow. Seperti apa sih cara kerja kedua sistem tersebut? Bagaimana kualitas airnya? Berikut ulasannya.

Sistem Sirkulasi Skimmer

Sistem sirkulasi skimmer ini memang biasa digunakan pada kolam renang yang mempunyai luas 25 meter persegi atau dibawahnya. Cara kerja untuk sistem sirkulasi ini ialah air kolam akan masuk ke dalam pompa sirkulasi yang mana air tersebut kemudian akan lewat skimmer dan dikembalikan lagi ke kolam. Jika volume air di kolam berlebih, maka air yang lebih tersebut akan dibuang melalui saluran pembuangan air.

Salah satu kelebihan dari sistem sirkulasi ini ialah anda akan lebih hemat area. Mengapa demikian? Karena anda tidak memerlukan lagi tempat penampungan air. Selain itu, kolam renang dengan sistem ini juga akan memudahkan anda dalam membersihkan kolam renang tersebut. Harga pembuatannya pun juga jauh lebih miring jika dibandingkan dengan sistem sirkulasi overflow.

Meskipun begitu, sistem ini juga mempunyai kekurangan diantaranya ialah anda perlu mengisinya dengan air terus sewaktu anda membersihkannya. Selain itu, daya hisap yang dimiliki oleh sistem air ini juga tidak lebih baik dengan daya hisap yang dimiliki oleh sistem sirkulasi yang overflow.  Kebersihan dan kerjernihan air yang masuk ke kolam juga akan lebih bersih dengan menggunakan sistem sirkulasi overflow jika dibandingkan dengan sistem sirkulasi skimmer. Namun, anda juga tidak perlu khawatir akan masalah tersebut karena anda bisa menyikapi kelemahan tersebut dengan menggunakan water cleaner pada kolam tersebut.

Sistem Sirkulasi Overflow

Sistem sirkulasi overflow ini biasanya digunakan untuk kolam renang yang bertujuan untuk komersil, bukan kolam renang pribadi. Dengan sistem ini, perputaran air yang masuk dengan air yang keluar jumlahnya cukup banyak. Seiring dengan pertambahan ketinggian kolam, maka jumlah air yang terbuang juga akan lebih banyak.

Sistem sirkulasi air ini memang berbentuk layaknya gorong-gorong yang mana terlebih dulu menyaring kotoran sebelum masuk ke dalam penampungan. Kemudian, air dalam penampungan tersebut akan dihisap sebelum masuk ke proses filtrasi sehingga air akan masuk ke innet kembali dalam jumlah melimpah akhirnya air tersebut meluap.

Adapun kelebihan sistem sirkulasi air ini ialah air dalam kolam renang akan mempunyai tingkat kebersihan yang baik dan maksimal. Selain itu, perawatan kolam juga lebih mudah dan proses filtrasi juga akan lebih efektif.

Namun untuk membangun sirkulasi air dengan model seperti ini, anda memang harus membuat area khusus untuk tempat penampungan air. Biaya yang anda keluarkan pun juga akan lebih mahal dan waktu perawatan kolam renang tersebut juga lebih lama.

Itulah pekerjaan renovasi kolam renang jika anda ingin meng-upgrade sistem sirkulasi kolam renang anda dari skimmer ke overflow.